Most Recent Written

Lebah Akan Mati Setelah Menyengat Manusia. Mengapa ?





Mengapa Lebah Mati setelah menyengat Manusia? Lebah merupakan serangga terbang yang mempunyai 3 pasang kaki serta 2 pasang sayap. Lebah biasa membuat sarangnya di atas pohon kayu maupun di atap rumah dengan bentuk struktur Hexagonal (Segi Enam). Lebah merupakan serangga yang memiliki fungsi sebagai penyerbuk yang berguna untuk membantu tumbuh-tumbuhan dalam penyebaran serbuk sari. Namun Lebah juga termasuk salah satu binatang serangga yang akan menyerang manusia apabila mereka merasa diganggu atau diusik oleh manusia. Hasil dari sengatan Lebah pada manusia ini dapat menyebabkan iritasi, rasa panas disekitar sengatan, bengkak, kulit menjadi memerah,  dan juga rasa gatal-gatal di sekitar kulit yang terkena sengatan. Pada kondisi tertentu, sengatan lebah bahkan juga bisa mengancam jiwa orang yang tersengat apabila orang tersebut mempunyai alergi terhadap sengatan Lebah sehingga menyebabkan terjadinya reaksi Anafilaktik. Reaksi Anafilaktif adalah suatu kondisi yang ditandai dengan menurunnya tekanan darah secara tiba-tiba serta penyempitan saluran pernafasan yang akan menyebabkan penderita tidak sadarkan diri atau pingsan.


Seperti yang sudah dikatakan pada paragraf sebelumnya, Lebah akan menyerang manusia dengan cara menyengat untuk melindungi dirinya dari gangguan. Tetapi beberapa saat selepas menyengat, Lebah tersebut akan mati. Kenapa demikian? ternyata setelah menyengat manusia, Lebah harus secepatnya melarikan diri sehingga menyebabkan jarum Sengat yang di ekornya serta kantong kelenjar lebah akan terlepas dari tubuhnya dan menancap pada bagian tubuh manusia yang terkena sengatan.  Hal ini menyebabkan organ tubuh lebah tersebut rusak bahkan terlepas dari tubuh lebah itu sendiri. Dengan demikian setelah menyengat manusia, Lebah juga akan mati karenanya. Perlu diketahui bahwa Jarum Sengatan Lebah itu menyatu dengan organ tubuh lainnya pada lebah sehingga apabila sengatan tersebut lepas, maka organ tubuh pada Lebah juga akan terikut ataupun rusak karenanya.


Siklus Hidup Lebah

Lebah merupakan serangga yang mengalami Metamorfosis sempurna yang memiliki 4 tahapan pertumbuhan dan perubahan dalam kehidupannya. Keempat tahapan tersebut diantaranya adalah :
  1. Telur
  2. Larva (berbentuk ulat)
  3. Pupa (berbentuk kepompong)
  4. Imago (Dewasa)
Cukup sekian artikel bangfajar tentang alasan mengapa lebah akan mati setelah menyengat manusia. Terima Kasih