Most Recent Written

Fakta Unik Armadillo, Si Kecil "Berlapis Baja"





Armadillo, adalah hewan mamalia plasental kecil yang dikenal memiliki sejenis perisai pada tubuhnya.

Nama Armadillo, sebutan untuk hewan mamalia yang unik ini berasal dari bahasa Spanyol yang memilki arti "si kecil berlapis baja". Julukan tersebut mengacu pada lempeng tulang yang melapisi bagian kepala hingga ekornya. 

Armadillo dijuluki sebagai makhluk yang unik dan aneh. Mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan armadillo adalah satu-satunya hewan mamalia yang memilki cangkang seperti layaknya kura-kura. Di negara kita Indonesia sendiri rasanya agak sulit menemukan hewan unik yang satu ini, karena armadillo biasanya hidup dan ditemukan di Amerika Selatan dan Tengah.

Armadillo pada kenyataannya memiliki keterkaitan dengan trenggiling, namun armadillo pada umumnya memiliki moncong yang rucing serta mata yang berukuran kecil. Armadillo memiliki ukuran dan warna tubuh yang sangat bervariasi. Spesies terkecil dari Armadillo yakni jenik pink fairy armadillo,  ukurannya kurang lebih sebesar tupai, dengan berat badan maksimal hanya 85 gram dan panjang rata-rata hanya berkisar 11 cm. Sedangkan untuk spesies Armadillo terbesar yakni giant armadillo, ukurannya sama dengan ukuran seekor babi kecil, dengan berat mencapai 60 kg sedangkan panjang bisa mencapai 150 cm bahkan lebih.

Faktanya tidak semua armadillo bisa membungkus diri mereka di dalam cangkang. Bahkan seperti yang diketahui, hanya three-banded armadillo sajalah yang bisa meringkukan kepala dan kaki bagian belakang serta memutar cangkangnya menjadi seperti bola yang sangat keras dan bisa mengacaukan atau menyerang predatornya.

Armadillo pada umumnya hidup di dalam sebuah habitat beriklim sedang dan juga hangat, termasuk padang rumput, hutan tropis, serta gurun. Tingkat metabolisme armadillo sangat rendah, bahkan tubuhnya pun kurang menyimpan banyak lemak, oleh sebab itulah dingin merupakan musuh bagi mereka.


Pada sebagian besar spesies penggali merupakan hewan yang sangat suka tidur, bahkan diketahui mencapai 16 jam dalam setiap harinya, armadillo hewan unik dan aneh ini mencari makan ketika waktu subuh dan di malam hari. Biasanya hewan ini akan memangsa atau menyantap hewan serangga seperti semut, rayap, kumbang, dan juga serangga-serangga lainnya. Armadillo tidak memiliki tingat penglihatan yang bagus, oleh sebab itulah ketika mencari makan atau berburu mereka akan memanfaatkan atau mengandalkan perasaan serta penciumannya yang sangat tajam.

Kaki yang kuat serta cakar depan yang terbilang cukup besar akan mereka gunakan untuk menggali, sedangkan lidahnya yag terkenal sangat lengket digunakan untuk mengekstraksi semut dan juga rayap yang ada di dalam terowongan mereka. Tidak hanya itu, armadillo juga biasanya akan memakan tanaman serta beberapa buah, bahkan dalam beberapa kasus mereka memakan bangkai.
Sekarang ini jumlah populasi mereka semakin sedikit saja, bahkan hampir semua spesies terancam hilang habitat, biasanya ancaman kepunahan pun datang dari kebiasaan berburu yang dilakukan oleh manusia. Tidak hanya itu, banyak sekali budaya di Amerika yang menganjurkan untuk mengkonsumsi daging armadillo, dimana mereka yang biasa mengkonsumsi daging armadillo mengatakan bahwa rasa beserta teksturnya sangat menyerupai dengan babi.

Saat ini diketahui hanya populasi dari nine-banded armadillo saja yang berkembang. Sedangkan beberapa spesies lain, termasuk pink fairy armadillo saat ini sudah terancam punah.

Fakta Unik Tentang Armadillo

  1. Nama “Armadillo” berasal dari bahasa Spanyol “Armado” (lapis baja), nama yang diberikan setelah Conquistador Spanyol.
  2. Saat ini ada 20 spesies Armadillos, hewan ini berevolusi di Amerika Selatan. Spesies hidup bervariasi dalam panjang tubuh dari 12,5 cm (5 inci) hingga 1 m (3.3 kaki), tetapi spesies ini bisa mencapai panjang sampai 3 m (10 kaki) panjang dan berat 2 ton. Armadillos raksasa menghilang pada akhir zaman es, yang berarti bahwa manusia pertama di Amerika saja yang pernah melihat hal itu. Karena pada kenyataannya, popularitas besar biasanya digunakan untuk membuat atap atau kuburan.
  3. Seluruh tubuh mereka (kepala, punggung, kaki dan ekor) ditutupi dengan lempengan tulang. Hanya Hamadillo tiga banded yang bisa meringkuk menjadi bola untuk melindungi diri dari predator. Armadillo lainnya menjalankan atau menggali lubang ketika mereka harus melarikan diri dari predator.
  4. Armadillos menghuni padang rumput, hutan hujan dan daerah yang gersang. Beberapa spesies diurnal dan lain nokturnal. Mamalia ini hidup sendirian, pasangan atau kelompok-kelompok kecil. Mereka biasanya beristirahat dalam sarang yang memiliki kedalaman beberapa meter, kadang-kadang dalam sarang bawah tanah yang memiliki lebar hingga 2 m (6.6 kaki). Individu atau kelompok memiliki wilayah yang berbeda-beda dengan ketersediaan habitat dan makanan.
  5. Armadillos dapat memangsa binatang yang berbeda-beda dari serangga, larva, reptil, mamalia kecil dan juga memakan tanaman selama musim dingin. Armadillos dapat membunuh ular dengan meluncurkan diri diatas reptil tersebut dan memotongnya dengan tepi cangkang keras mereka. Biasanya binatang ini membiarkan mayat hewan besar dalam sarangnya sampai membusuk untuk mendapatkan larva. Armadillo berpita sembilan dapat makan 40.000 semut sekali, sementara Armadillo raksasa dapat menelan 700 g semut (berarti semut 200.000) dalam hanya satu malam. Selama musim panas, Armadillo berpita sembilan aktif setelah malam, sementara di musim dingin hanya selama terik matahari saja. Semua Armadillos berpatokan pada bau mereka saja ketika mencari makan.
  6. Armadillo berpita sembilan berpasangan selama musim gugur, akan tetapi fecundation telur tertunda sehingga kelahiran berlangsung di musim semi.
  7. Armadillo tidur 16-18 jam per hari dalam liang mereka.
  8. Jika Armadillo terkejut oleh predator yang ada disekitarnya, hewan ini akan memundurkan kakinya ke bawah dan menyentuh tanah dengan tepi shell.
  9. Armadillo adalah spesies lainnya kecuali manusia yang bisa kena kusta. Hal ini membuat mereka sangat berharga dalam penelitian penyakit ini.
  10. Armadillo memiliki warna yang berbeda-beda, bisa merah muda, coklat gelap, hitam, merah, abu-abu atau kekuningan
  11. Reproduksi Armadillo sangat unik. Meskipun musim kawin berlangsung pada bulan Juli, Armadillo betina hamil pada bulan November. Hal ini disebut sebagai “implantasi tertunda”. Perempuan bisa menunda kehamilannya hingga kondisi lingkungan menjadi memuaskan dan nyaman. Dari satu telur, 4 armadillo identik akan lahir yang disebut dengan kembar empat. Bayi Armadillo lahir tanpa lempeng tulang. Dibutuhkan beberapa minggu untuk kulit lembut berubah menjadi baju besi keras.
  12. Armadillo dapat bertahan hidup 4-7 tahun di alam liar dan 12-15 tahun di penangkaran.
  13. Armadillo adalah perenang yang hebat. Hewan ini bisa menahan nafas selama 6 menit ketika mereka menyelam.
  14. Seperti trenggiling, Armadillo juga memiliki lidah lengket panjang yang bekerja sempurna ketika mereka berburu semut dan rayap.
  15. Mereka juga pendaki yang sangat baik. Mereka bisa memanjat pagar dalam kasus mereka tidak dapat menggali di bawahnya.
Sekian artikel bangfajar kali ini tentang Fakta Unik Armadillo, Si Kecil "Berlapis Baja". Semoga bermanfaat ! Terima Kasih