12 Manfaat Minum Air Hangat Yang Jarang Diketahui Orang



Udara panas ditambah polusi di kota besar terkadang memang membuat kita selalu membutuhkan sesuatu yang bisa memuaskan rasa dahaga, air es salah satu yang sering dijadikan solusinya. Memang tak bisa dipungkiri kalau minum air es itu dapat bikin kita merasa segar kembali. Tapi jangan salah, dibanding air es, ternyata air hangat jauh lebih menyegarkan dan menyehatkan untuk tubuh kita lho.

Banyak manfaat dari meminum air hangat setiap harinya. Jika kamu termasuk ke dalam golongan orang-orang yang tidak bisa berkata tidak pada air dingin, coba deh untuk mulai menelaah kembali fungsi air hangat demi kesehatan kamu sendiri. Setidaknya ada 12 keuntungan yang bisa tubuh kamu rasakan jika kamu terus-menerus mengonsumsi air hangat.

1. Tanpa kamu sadari, ternyata air hangat bisa membantu menurunkan berat badan tubuhmu. Cocok banget nih buat yang lagi diet


Perlu kamu ketahui jika air hangat itu sangat baik untuk membantu menjaga daya tahan tubuh kamu. Penting juga buat kamu yang sedang melakukan diet. Cara terbaik supaya berat badan kamu bisa turun dengan cepat, campurkan air hangat dengan lemon, minum deh setiap pagi. Sebagai info tambahan nih, air panas juga membantu menghancurkan jaringan lemak yang ada di tubuh kamu lho.

2. Air hangat juga sangat membantu melegakan pernafasan dan tenggorokan kamu ketika kamu sedang terkena flu


Minum air hangat juga merupakan obat alami yang sangat baik untuk menyembuhkan pilek, batuk, dan sakit tenggorokan. Dengan meminum air hangat, dahak yang tersumbat di tenggorokan pun dapat dikeluarkan dari saluran pernafasan. Tidak cuma bisa melegakan, air hangat juga bisa membantu membersihkan hidung kamu yang tersumbat.

3. Mengurangi rasa sakitnya keram perut ketika sedang menstruasi


Buat kamu yang sering mengeluh sakit ketika sedang menstruasi, kamu harus lebih sering meminum air hangat karena bisa membantu kamu mengurangi rasa sakitnya. Panasnya suhu air yang kamu minum memiliki efek menenangkan pada otot perut yang pada akhirnya bisa menyembuhkan keram dan kejang.


4. Meski terdengar sepele, tapi air hangat bisa detoksifikasi tubuh lho!


Detoksifikasi tubuh sangat lah perlu dilakukan karena tubuh kita memang harus mengeluarkan racun dan membersihkannya dengan benar. Dalam hal ini, air hangat sangat bagus untuk membantu detoks tubuh kamu. Ketika kamu meminum air hangat, suhu tubuh kamu juga akan ikut naik sehingga membuatmu berkeringat dan mengeluarkan racun dari dalam. Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa menambahkan perasaan lemon sebelum meminumnya.

5. Minum air hangat juga bisa membantu mencegah penuaan dini


Bukan tanpa sebab kenapa kita mesti membersihkan racun yang terdapat di tubuh kita, racun-racun tersebut apabila tidak dikeluarkan dapat membuat kita lebih cepat terlihat tua. Manfaat lainnya dari air hangat adalah bisa membantu memperbaiki sel kulit yang rusak akibat radikal bebas. Dengan meminum air hangat secara berkala, kulit kamu bisa kembali lebih halus.

6. Rutin minum air hangat dapat mencegah pertumbuhan jerawat


Masih banyak loh manfaat dari rutin minum air hangat, salah satunya adalah mencegah pertumbuhan jerawat di wajah kamu. Memang sih katanya faktor terbesar tumbuhnya si jerawat itu faktor hormon . Tapi gak ada salahnya kok untuk kamu terus mengonsumsi air hangat supaya bisa menghilangkan akar penyebab tumbuhnya si jerawat-jerawat yang menjengkelkan tersebut.

7. Menjaga dan membuat rambut tetap kuat dan sehat


Kamu sangat mengingkan rambut lembut dan berkilau? Melakukan perawatan di salon mahal mungkin bisa menjadi solusi, tapi ada hal yang lebih sederhana dari itu yang bisa kamu lakukan setiap hari. Yup, air hangat bisa memberikan energi pada ujung saraf di akar rambut kamu dan bisa membuatnya aktif. Hal ini bermanfaat untuk mengembalikan vitalitas alami rambut kamu dan juga tetap membuatnya sehat.


8. Dapat meningkatkan pertumbuhan rambut


Mengaktifkan akar rambut ialah cara terbaik untuk menumbuhkan rambut kamu. Dalam hal ini, air hangat sangat membantu menjaga aktivitas akar rambut kamu ketika sedang tumbuh. Sehingga pada hasilnya nanti, rambut kamu akan lebih cepat tumbuh.

9. Mencegah adanya ketombe di rambut indah kamu


Ketombe ialah salah satu masalah rambut yang tidak bisa disepelekan. Penampilan kece kamu bisa terganggu jika di adanya ketombe yang berjatuhan di pakaianmu. Pada kasus seperti ini, air panas bisa membuat kulit kepala kamu tetap terhidrasi dan membantu melawan ketombe yang kering.

10. Meningkatkan sirkulasi darah dan membantu menjaga sistem saraf (Nervous System) pada tubuh kita


Manfaat penting lainnya dari minum air hangat ialah meningkatkan sirkulasi darah kamu yang penting untuk aktivitas otot dan saraf yang tepat. Tak hanya itu, sistem saraf kamu pun akan tetap sehat dengan memecah timbunan lemak di sekitarnya.

11. Air hangat sangat bermanfaat untuk pencernaan. Nah, catat nih poin penting satu ini!


Penelitian menjelaskan kalau kita meminum air dingin sedang atau setelah makan dapat mengeraskan minyak yang ada dalam makanan yang dikonsumsi. Hal ini bisa menyebabkan deposit lemak di dinding bagian dalam usus kamu, yang bisa mengakibatkan kanker usus. Namun hal itu bisa kamu hindari kalau kamu mulai mengganti air dingin menjadi air hangat. Selain itu, air hangat memang sudah terbukti bermanfaat bagi pencernaan kamu.

12. Menjaga pergerakan usus di dalam tubuh tetap sehat dan terbebas dari rasa sakit


Ketika kamu baru bangun di pagi hari dengan keadaan perut yang masih kosong, minumlah segelas air hangat. Ini dapat menguraikan bahan makanan sisa dan membuat pergerakan partikel halus sehingga tidak menyebabkan rasa sakit pada usus kamu. Nah, mulai deh kamu coba konsumsi air hangat setiap pagi demi menjaga kesehatan tubuh kamu.

Ok, itulah 12 Manfaat Air Hangat yang perlu untuk kamu ketahui. Mulai sekarang, perbanyak minum air hangat ya guys. Sekian dulu artikel bangfajar kali ini, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Sumber Artikel : Hipwee.com


Previous
Next Post »
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :