Most Recent Written

Telak! 128:9, 128 Negara Menentang Pernyataan Donald Trump Soal Yerussalem. Inilah Daftar Negara Yang Menentang Pernyataan Donald Trump Tersebut

Pemungutan suara(voting) yang dilakukan Majelis Umum PBB pada Kamis (21/12/2017) atas pernyataan yang dikeluarkan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, yang mengklaim bahwa Yerussalem (Al-Quds) adalah ibu kota negara Israel. Dari hasil voting tersebut, PBB memutuskan menolak pernyataan Donald Trump Tersebut.

Dari hasil voting tersebut, sebanyak 128 negara menentang pernyataan Donald Trump sedangkan yang mendukungnya hanya 9 negara, sementara 35 negara lain yang mengikuti polling tersebut abstain (tidak memilih apakah menentang atau mendukug)


Gambar diatas didapat dari situs resmi PBB yang memperlihatkan negara mana saja yang mendukung serta menolak pernyataan Donald Trump atas Yerussalem. 

Terlihat yang mendukungnya hanya ada 9 negara (yang bertanda merah) yaitu Guatemala, Honduras, Israel, Marshal Islands, Micronesia, Nauru, Palau, Tongo, dan tentu saja Amerika Serikat itu sendiri.

Dengan hasil voting Majelis Umum PBB ini, pengakuan Donald Trump yang mengatakan Yerussalem sebagai Ibu Kota Israel pun tidak berlaku lagi- Dikutip dari USA Today

Mungkin negara-negara yang mendukung pernyataan Trump ini (selain Israel) juga hanya karena 'ketakutan', karena sebelumnya Donald Trump sempat mengancam akan memotong bantuan kepada negara-negara anggota PBB yang menolak pernyataannya atas Yerussalem adalah Ibu Kota Israel.

Namun ancaman ini rupanya tidak mempan terhadap 128 negara lainnya yang tetap menyatakan menolak pernyataan kontroversial Donald Trump tersebut.

Keputusan dari hasil voting Majelis Umum PBB ini tidak bisa diveto. Berbeda halnya dengan voting yang dilakukan Dewan Keamanan PBB dimana AS memiliki hak veto.

Hasil Voting ini tentu saja langsung disambut suka cita oleh publik di media sosial terutama umat Islam. Mereka beramai-ramai membuat tagar #PalestineVictory dan #United4Quds