Most Recent Written

10 Hal Yang Dapat Merusak Fungsi Ginjal Di Tubuh Kita



Ginjal adalah salah satu organ penting di dalam tubuh kita yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Apabila fungsi ginjal baik/normal, kesehatan tubuh kita seluruhnya pun akan baik dan sebaliknya apabila fungsi ginjal sudah rusak, maka besar kemungkinan akan mempengaruhi fungsi-fungsi organ vital lainnya.

Banyak kasus orang yang mulanya hanya terkena gagal ginjal tetapi kemudian berimbas kepada komplikasi penyakit lainnya. Oleh sebab itu, sangatlah penting untuk menjaga fungsi ginjal agar tetap baik atau normal. Salah satu yang bisa kita lakukan untuk menjaga fungsi ginjal agar tetap baik adalah dengan mencegah hal-hal yang dapat merusak fungsi ginjal itu sendiri. Berikut adalah 12 hal yang dapat menyebabkan rusaknya atau tidak berfungsinya ginjal dengan baik.

Hal Yang Dapat Merusak Fungsi Ginjal

1. Alkohol

Dampak buruk alkohol terhadap tubuh kita memang sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Tidak hanya menyerang fungsi hati, alkohol juga dapat merusak fungsi ginjal. Oleh karena itu, sebaiknya jauhi konsumsi munuman keras.

2. Rokok

Hal lainnya yang dapat merusak fungsi ginjal adalah rokok. Kandungan nikotin dan tar pada rokok dapat mengganggu sirkulasi darah ke berbagai organ dalam tubuh. Apabila sirkulasi darah terganggu, akan mengakibatkan kerusakan pada ginjal kita.

3. Soda

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tahun 2008, orang yang meminum setidaknya 2 gelas soda setiap harinya mempunyai resiko terkena penyakit ginjal kronis lebih besar. Seperti yang dilansir dari The New York Times, minuman bersoda mempunyai kandungan asam fosfat yang sangat tinggi. Asam fosfat tersebutlah yang kemudian dikatakan sebagai pemicu masalah pada ginjal termasuk gagal ginjal.

4. Menahan Buang Air Kecil

Menahan kencing atau buang air kecil juga merupakan satu hal yang dapat menyebabkan rusaknya fungsi ginjal. Menunda buang air kecil dalam waktu lama menyebabkan kantung kemih tertekan, hal inilah yang nantinya akan merusak fungsi ginjal dalam tubuh kita.

5. Kurang Minum Air Putih

Memenuhi kebutuhan tubuh akan air merupakan suatu hal yang penting untuk dilakukan. Karena air putih yang kita minum mampu membuang racun yang ada pada tubuh kita, baik melalui keringat maupun air seni. Kurang minum air putih dapat menyebabkan penumpukan racun pada tubuh kita yang akan membuat ginjal akan bekerja dengan sangat keras untuk menyaringnya untuk kemudian dikeluarkan melalui air seni. Hal inilah yang nantinya akan merusak fungsi ginjal kita.


6. Kurang Gerak

Kurangnya aktivitas fisik ternyata juga mampu menyebabkan rusaknya fungsi ginjal. Melakukan olahraga atau aktivitas fisik dapat mengurangi resiko terkena penyakit ginjal hinggal 30%.

7. Kurang Tidur

Menjaga kualitas dan waktu tidur juga merupakan suatu hal yang penting. Selain untuk menjaga kebugaran tubuh,tidur yang cukup juga penting untuk kesehatan ginjal kita.

8. Kekurangan Vitamin

Orang yang kekurangan vitamin, terutama vitamin B6, juga beresiko terkena masalah pada ginjal. Untuk itu dianjurkan memakan makanan yang mengandung vitamin B6 seperti kacang polong, hati sapi, ikan dan juga kentang.

9. Kekurangan Mineral

Sama seperti vitamin, kekurangan mineral juga dapat merusak fungsi ginjal dalam tubuh kita. Apabila tubuh kekurangan magnesium, akan menyebabkan tubuh tidak dapat menyerap kalsium dengan baik. Jika kalsium yang ada pada tubuh kita tidak dapat diserap dengan optimal, hal ini akan menyebabkan batu ginjal. Disarankan memakan sayuran berdaun, biji-bijian dan kacang-kacangan untuk memenuhi kebutuhan magnesium tubuh kita.

10. Kelebihan Garam

Mengonsumsi makanan yang mengandung kadar garam yang tinggi beresiko menaikkan tekanan darah. Hal ini juga yang akan memperberat kerja ginjal dan ginjal akan mengalami kesulitan untuk membuang kadar garam yang berlebih tersebut. Tentu saja hal ini tidak baik untuk kesehatan ginjal kita.