Most Recent Written

Ikan Itu Tidur Ga Sih? Kalau Emang Ikan Tidur, Gimana Caranya?


Setelah seharian melakukan segala aktivitas yang melelahkan, tidur adalah kesempatan untuk tubuh kita unntuk beristirahat. Sekaligus mempersiapkan tenaga untuk melakukan kegiatan lainnya esok hari.

Tapi bagaimana dengan ikan? Kalau dipikir-pikir, pastinya ikan bakal sangat kelelahan setelah seharian berenang-renang. Rasanya tidak mungkin jika ikan tidak butuh tidur kan?

Tapi gimana caranya ikan tidur? Bukannya kalau si ikan tertidur pulas, ia akan terseret arus arus di dalam air dan kemudian hilang? Penasaran kan?

Tentu saja ikan butuh tidur sama halnya seperti manusia maupun makhluk hidup yang lainnya. Tapi tentu saja cara ikan tidur ini berbeda.

Tidak seperti manusia, Ikan tidak menggunakan bantal guling dan selimut ketika mereka tidur, pastinya. Ikan tidur dalam kondisi yang aneh menurut kita. Mereka tidur dengan mata yang tetap terbuka! Itulah mengapa kita tidak pernah menyadari bahwa sebenarnya si ikan ini sedang tertidur pulas.

Jika kalian punya akuarium, kalian akan lebih mudah mengamati bagaimana kondisi ikan ketika tidur. Suatu saat pasti ikan peliharaan kalian akan berada dalam kondisi terdiam seperti sedang tak sadarkan diri, tapi dengan mata yang tetap terbuka dan pada umumnya akan diam di dasar akuarium.

Dan jika kita taburkan makanan kesukaannya, akan sangat lama sampai si ikan memberikan respons. Itulah saat ia tidur.

Beberapa jenis ikan bahkan harus tetap membuat gerakan saat tidur, agar aliran air tetap terjaga menuju insangnya. Hal ini memastikan si ikan mendapat cukup pasokan oksigen. Ikan yang lebih besar seperti hiu, akan membuat gerakan berenang sangat perlahan ketika tidur. Tetap dengan mata terbuka.

Sedangkan ikan yang hidup di lingkungan bebatuan koral, akan menelusup di antara bebatuan saat tidur, supaya terlindung dari predator.

Bagaimana dengan lumba-lumba Dan Ikan Paus?

Walaupun hidup di laut, jangan lupa bahwa lumba-lumba dan ikan paus adalah mamalia. Mereka bernapas dengan paru-paru, sama seperti kita.

Lumba-lumba juga harus muncul ke permukaan secara berkala untuk menghirup oksigen. Bagaimana cara mereka tidur?

Dalam sebuah jurnal Neuroscience & Biobehavioral Reviews tahun 2008, diungkapkan bahwa lumba-lumba tidur dengan metoda yang dinamakan “unihemispheric slow-wave sleep“, atau kita menjelaskannya sebagai kondisi tertidur dengan kondisi setengah sadar, dan tetap aktif bergerak.

Percaya atau tidak, lumba-lumba hanya menidurkan setengah otaknya setiap sesi, secara bergantian setiap empat jam. Jika otak kanan tidur, mata kirinya terbuka, demikian pula sebaliknya. Apa gunanya?

Hal ini membuat lumba-lumba selalu  berada dalam kondisi setengah terbangun, sehingga mereka masih tetap bisa bernapas dengan lancar. Dan yang lebih penting, segera menghindar jika hidupnya terancam predator.