Most Recent Written

Penjelasan Mengapa Mata Kucing Bersinar Ketika Berada Di Kegelapan


Pernahkah terbesit dipikiran anda mengapa mata kucing bisa menyala ketika si kucing berada di tempat yang gelap atau pada malam hari ? Berikut adalah penjelasan ringkas megenai mengapa mata kucing bisa bersinar atau menyala ketika di kegelapan..

Sejatinya, kucing adalah makhluk nocturnal atau yang lebih banyak menghabiskan waktu pada malam hari. Ini berarti, mereka harus dapat melihat dalam gelap seperti hal nya hewan lain yang ‘berkeliaran pada malam hari’, agar tetap dapat beraktivitas.

Mata mereka mengandung zat yang disebut tapetum lucidum. Hal ini diposisikan di belakang retina mata, dan sebenarnya merupakan lapisan jaringan. Kata tapetum lucidum sendiri berasal dari bahasa Latin yang berarti “permadani terang”.

Pada manusia, sel-sel retina benar-benar diaktifkan oleh kehadiran cahaya. Hasilnya, dalam ketiadaan cahaya, mata manusia tidak berfungsi dengan baik untuk melihat, meski itu tidak berarti bahwa mata benar – benar tidak dapat melihat.

Sekarang, dalam kasus hewan seperti kucing, lapisan tapetum lucidum bekerja dengan merangsang sel-sel retina peka cahaya dengan sedikit cahaya eksternal. Cahaya minim ini tercermin oleh Tapetim Lucidum kembali ke retina untuk merangsang itu. Inilah sebabnya, mata kucing bersinar. Stimulasi yang mereka berikan membuat sel-sel retina menerima bahkan dalam situasi cahaya rendah, memungkinkan kucing untuk melihat

Itulah penjelasan singkat mengenai mengapa mata kucing dapat bersinar di dalam gelap.