Most Recent Written

Sejarah Google, Sang Penguasa Search Engine


Sekarang ini siapa yang tidak kenal Google, yaitu salah satu mesin pencari di dunia maya, bahkan kebanyakan orang sekarang menyebutnya Si Mbah Google dikarenakan apapun yang kita cari di Google pasti ada. Tidak hanya itu saja, dengan Google kita dapat meraup keuntungan dengan nominal Dollar (yang lambangnya $) yaitu dengan Google adsense. Dan masih banyak lagi produk dan fitur yang ditawarkan oleh Google. Tapi adakah terlintas pertanyaan : kapan Google didirikan? Siapa pendiri Google? atau mungkin pertanyaan lainnya mengenai sejarah Google? Kali ini bangfajar ingin bercerita tentang Sejarah Google Dan Biografi Pendirinya:

Sejarah Berdirinya Google:

Google Didirikan pada tahun 1998 dengan Pendiri dua sahabat Larry Page dan Sergey Brin. Larry Page dan Sergey Brin, bertemu di Stanford University pada tahun 1995. Pada tahun 1996, mereka membangun mesin telusur (sebelumnya disebut BackRub) yang menggunakan tautan untuk menentukan tingkat kepentingan masing-masing laman web. Kata Google adalah plesetan dari kata “googol”, istilah matematika untuk angka 1 yang diikuti dengan 100 nol. Google Inc. lahir pada tahun 1998, ketika pendiri bersama Sun, Andy Bechtolsheim, memberikan cek sebesar $100.000 kepada entitas tersebut. Pembuatan Badan Hukum Google pada tanggal 4 September 1998, Penawaran publik perdana (NASDAQ) pada tahun 19 Agustus 2004.

Kantor Pusat Google yaitu di 1600 Amphitheatre Parkway Mountain View CA 94043. Google telah meresmikan Kantor cabang di Indonesia pada Jumat 30 Maret 2012 yaitu di Cyber 2 Tower Jalan HR Rasuna Said Blok X-5 Kuningan, Jakarta Selatan. Untuk saat ini Google memang sebuah perusahaan sekaligus mesin pencari yang mendunia dengan kesuksesan yang telah didapat, terbukti sekarang ini Google telah memilik kantor cabang di berbagai negara dunia seperti: Amerika Serikat, Eropa, Kanada, Republik Cheska, Denmark, dan masih banyak lagi, termasuk Indonesia.


Biografi Pendiri Google, “Larry Page dan Sergey Brin”


1. Biografi Larry Page:


Larry Page mendapatkan gelar Sarjana Teknik dari Universitas Michigan, Ann Harbor, dan magister ilmu komputer dari Universitas Stanford. Beliau adalah anggota Komite Penasihat Nasional (National Advisory Committee – NAC) di Fakultas Teknik Universitas Michigan, dan bersama dengan pendiri-bersama Sergey Brin, Larry dianugerahi Marconi Prize pada tahun 2004. Beliau adalah wali dewan X-PRIZE, dan dipilih untuk masuk National Academy of Engineering (Akademi Teknik Nasional) pada tahun 2004.

Kedudukan di Google, Larry Page adalah Sebagai Direktur Utama (CEO) Google, Larry bertanggung jawab atas operasi keseharian Google, serta memimpin pengembangan produk dan strategi teknologi perusahaan. Beliau mendirikan Google bersama Sergey Brin pada tahun 1998 saat menempuh pendidikan Ph.D. di Universitas Stanford, dan merupakan CEO pertama hingga tahun 2001—mengembangkan perusahaan yang mempekerjakan hingga lebih dari 200 pegawai dan mampu menghasilkan laba. Sejak tahun 2001 hingga 2011, Larry menjabat sebagai president of products.

2. Biografi Sergey Brin :


Sergey Brin mendapatkan gelar sarjana dengan pujian dalam bidang matematika dan ilmu komputer dari Universitas Maryland di College Park. Saat ini beliau sedang cuti dari program Ph.D. ilmu komputer di Universitas Stanford, tempat beliau mendapatkan gelar magisternya. Sergey adalah anggota National Academy of Engineering (Akademi Teknik Nasional) dan penerima National Science Foundation Graduate Fellowship (Beasiswa Lulusan Yayasan Sains Nasional).

Sergey Brin turut mendirikan Google Inc. pada tahun 1998. Sekarang, beliau memimpin proyek-proyek khusus. Sejak tahun 2001 hingga 2011, Sergey bertindak sebagai president of technology, yang berbagi tanggung jawab atas operasi keseharian perusahaan bersama Larry Page dan Eric Schmidt.

Cukup sekian artikel bangfajar tentang sejarah google dan biografi pendiri google. Semoga bermanfaat