Most Recent Written

Untuk Kaum Pria, Perbanyaklah Makan 8 Makanan Ini Untuk Mencegah Penyakit Kanker Prostat


Kanker prostat umumnya terjadi ketika sel-sel normal mulai tumbuh dan berkembang tanpa kontrol normal. Sel-sel ini dapat berkembang biak dan membentuk suatu massa (benjolan) yang disebut tumor.

Menurut perkiraan American Cancer Society, ada lebih dari 180.000 kasus baru kanker prostat setiap tahun.

Makan tinggi lemak jenuh seperti daging dan susu disebut berhubungan dengan kanker prostat. Meski belum banyak penelitian, namun para ahli menilai, pria yang mengikuti diet vegan memiliki risiko 35 persen lebih rendah terkena kanker prostat daripada mereka yang mengikuti diet non-vegetarian, menurut sebuah studi di American Journal of Clinical Nutrition.

"Kami memiliki cukup data untuk mendukung bahwa makan dengan benar secara signifikan dapat mengurangi risiko kanker prostat," kata seorang dokter pengobatan naturopati dan fungsional di New York City, Dr. Geo Espinosa.

Berikut adalah 8 makanan sehat yang dapat membantu menurunkan risiko kanker prostat pada Anda, 


1. Brokoli

Para ahli sepakat bahwa brokoli, kembang kol, kubis, collard hijau dan kale mampu menangkal kanker prostat. Sayuran tidak hanya rendah karbohidrat, yang telah dikaitkan dengan kanker, tapi mereka kaya antioksidan dan fitokimia yang dapat mencegah perubahan sel yang dapat menyebabkan kanker prostat.

2. Salmon

"Orang-orang yang mengikuti diet Mediterania memiliki risiko lebih rendah terkena kanker prostat", kata seorang ahli gizi terdaftar, juru bicara Akademi Nutrisi dan Diet dan ahli gizi klinis di University Hospitals Case Medical Center di Cleveland, Ohio, Lisa Cimperman.

Salah satu kunci dalam diet Mediterania adalah ikan. Salmon, khususnya, merupakan sumber yang kaya asam lemak omega-3, lemak tak jenuh ganda yang telah terbukti dapat menangkal kanker prostat. Menu lainnya termasuk sarden, mackerel dan halibut.

3. Kacang Brasil

"Salah satu mineral yang paling penting untuk perlindungan kanker prostat adalah selenium", kata Espinosa.

Tingkat selenium akan berkurang seiring bertambahnya usia, tetapi studi menunjukkan bahwa pria yang memiliki tingkat selenium tinggi adalah yang paling sedikit kemungkinannya untuk mengembangkan kanker prostat. Kacang Brazil merupakan sumber yang kaya selenium, hanya enam sampai delapan mengandung lebih dari 700 persen dari nilai harian.

4. Tomat

Tomat mengandung lycopene, sebuah carotenoid atau tanaman pigment yang dapat mencegah kanker prostat. Bahkan, pria yang makan 10 porsi buah tomat seminggu dapat mengurangi risiko kanker prostat sebesar 18 persen, ungkap sebuah studi dalam journal Cancer Epidemiology, Biomarkers and Prevention. Meskipun makan tomat mentah atau dimasak mungkin akan bermanfaat, studi menunjukkan bahwa lycopene lebih baik diserap ketika dipasangkan dengan lemak. Tambahkan sedikit minyak zaitun untuk saus marinara favorit Anda atau percikkan beberapa di atas salad tomat.

5. Kenari

Seluruh kenari atau minyak kenari dapat memperlambat pertumbuhan kanker prostat pada tikus dan mengurangi tingkat hormon IGF-1, yang telah dikaitkan dengan kanker prostat, ungkap sebuah studi dalam Journal of Medicinal Food. Kenari menang kemungkinan karena mereka menu sehat yang rendah karbohidrat dan tinggi asam lemak omega-3.

6. Berry

Meskipun buah-buahan mengandung antioksidan anti-kanker, terlalu banyak gula--bahkan gula alami dari buah-telah dikaitkan dengan kanker. Bahkan, sebuah penelitian di jurnal Annals of Oncology menemukan bahwa pria yang memiliki diet glikemik tinggi memiliki 26 persen peningkatan risiko mengembangkan kanker prostat dibandingkan yang memiliki diet dengan kadar glikemik rendah.

Kanker juga telah dikaitkan dengan stres oksidatif tetapi jika Anda bisa mencegahnya, sel-sel akan cenderung berubah menjadi kanker, kata Espinosa. Beberapa makanan terbaik untuk memerangi stres oksidatif termasuk blueberry, raspberry dan strawberry, yang tinggi anti-oksidan dan memiliki indeks glikemik rendah.


7. Kopi

Meta-analisis yang diterbitkan dalam jurnal Pengendalian Kanker menemukan bahwa minum empat hingga lima cangkir kopi sehari dapat dikaitkan dengan penurunan kanker prostat. Tidak hanya kopi mengandung antioksidan, tapi juga minuman ini dapat membantu memetabolisme gula Anda lebih efisien, yang berhubungan dengan risiko lebih rendah menderita kanker, kata Espinosa. Jika Anda bukan peminum kopi, teh hijau adalah alternatif kedua.

8. Wortel

Pria yang makan tiga porsi wortel seminggu, 18 persen lebih mungkin terhindar kanker prostat, ungkap sebuah studi dalam European Journal of Nutrition. Wortel, serta labu dan labu musim dingin, merupakan sumber yang kaya beta-karoten, suatu karotenoid yang diubah menjadi vitamin A dan memiliki sifat antioksidan.